- Cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol

Rabu, 27 September 2017

Cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol

Cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol,- kolesterol merupakan semacam lemak yang memberi energi pada sel. Salah satu fungsinya adalah memebentuk hormon yang diperlukan tubuh. Sayangnya kebanyakan kolesterol justru bisa memoicu penyakit kardiovaskular. Maka dari itu sebaiknya anda menyimak beberapa cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol berikut ini:

Makan ikan
Ikan dengan asam lemak omega-3 juga di sarankan uintuk di konsumsi agar kolesterol lebih terkendali. Jadi, jangan malas makan setidaknya dua kali seminggu agar terhindar dari kolesterol tinggi.

Makan banyak bayam
Ingat popeye si pelaut? Lengannya langsung kekar setelah ia makan bayam. Ternyata popeye tidak bohong. Sebab dalam bayam ada 13 komposisi flavonoid yang menjauhkan tubuh dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis.

Menjaga berat badan
Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Batasi alkohol
Kalau anda tidak bisa meninggalkan alkohol, batasi asupannya. Untuk pria, dua gelas alkohol sehari cukup. Sementara wanita di sarankan minum satu gelas saja dalam sehari. Sebab terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Hindari lemak jenuh
Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol tinggi.

Rutin berolahraga
Entah sedang mencegah atau mengurangi kolesterol tinggi, jangan tinggalkan olahraga. Melakukan aktivitas fisik selama 40 - 60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri anda dari kolesterol.

Berhenti merokok
Merokok membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh menurun sementara kolesterol jahat meningkat. Jadi anda yang punya kebiasaan merokok sebaiknya berhenti agar kolesterol lebih stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar