- Wanita penderita asma lebih sulit hamil

Jumat, 19 Mei 2017

Wanita penderita asma lebih sulit hamil

Wanita penderita asma lebih sulit hamil,- Tak sedikit wanita yang menunggu beberapa lama untuk bisa hamil setelah menikah. Namun tampaknya kehamilan tak hanya dipengaruhi oleh kesuburan wanita, melainkan juga penyakit yang dideritanya. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa wanita yang memiliki penyakit asma lebih sulit hamil.

Penelitian dari Denmark ini dilakukan pada 15.000 wanita, termasuk 950 wanita yang memiliki asma. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asma membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Padahal sekitar 27 persen wanita yang memiliki asma mengaku sudah berusaha untuk hamil selama setahun belakangan.

Kaitan antara asma dan kemungkinan kehamilan masih ada bahkan ketika peneliti memperhitungkan faktor lain seperti usia, berat badan, dan kebiasaan buruk wanita. Penelitian juga menemukan bahwa kehamilan lebih mungkin tertunda pada wanita yang memiliki asma dan tidak berusaha mengobatinya.

Penelitian tak menemukan adanya perbedaan jumlah anak pada wanita yang memiliki asma dan tidak memiliki asma, seperti dilansir oleh Live Science (13/11). Meski begitu, Dr Elisabeth Juul Gade dari Respiratory Research Unit di Bispebjerg University mengungkap bahwa hingga saat ini alasan mengapa wanita yang memiliki asma susah hamil.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita penderita asma memiliki tingkat kesuburan yang sama dengan wanita yang tidak memiliki asma. Walau begitu peneliti berasumsi bahwa asma bisa berkaitan dengan janin dan uterus sehingga meningkatkan kemungkinan keguguran pada beberapa wanita yang memiliki asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar