- Inilah cara mengobati asma secara alami

Selasa, 30 Mei 2017

Inilah cara mengobati asma secara alami

Inilah cara mengobati asma secara alami,- dada anda sakit dan tiba -tiba sesak nafas? Jika mengalami hal demikian, mungkin anda terkena serangan asma.

Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran nafas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Jika hal ini terjadi, maka saluran pernafasan akan menyempit dan membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas. Penyakit asma sendiri bisa menyerang siapa saja, dan kapan saja, tanpa mengenal usia.

Gejala awal
Gejala awal sakit ini berbeda - beda antara penderita yang satu dengan yang lain. Namun, jika orang akan terkena asma, biasanya mengalami gangguan tidur secara terus menerus dan akan terasa gelisah, serta nafas menjadi kurang nyaman, terutama karena sesak nafas atau nafas yang berat diiringi dengan batuk kecil yang selalu terjadi setiap malam selama beberapa hari.

Selain itu, anda juga mudah lelah setelah melakukan berbagai aktifitas pada siang hari, depresi, sedih, dan mudah tersinggung, sakit pada tenggorokan, hidung meler, hidung tersumbat dan semua gejala seperti serangan influenza.

Cara pengobatan
Selain mengkonsumsi obat yang di anjurkan dokter. kagi para penderita asma, juga bisa melakukan pengobatan sendiri dengan cara alami. Diantaranya dengan menggunakan bawang putih. Caranya, rebus 2 siung bawang putih dalam 100 ml air. Setelah mendidih, diamkan sejenak, kemudian minum air rebusan ketika sudah dingin.

Selain bawang, asma juga bisa disembuhkan dengan menggunakan jahe. Caranya, rebus beberapa ruas jahe segar yang baru dipetik. Setelah mendidih, diamkan. Setelah hangat, minum air rebusan jahe.

Selanjutnya asma juga bisa disembuhkan dengan meminum kopi. Caranya , minum kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Meskipun kopi bisa digunakan untuk mengobati asma, namun tidak disarankan untuk selalu mengkonsumsi kopi, mengingat bahaya kafein di dalamnya tidak baik untuk tubuh.

Selain kopi, ramuan bawang Bombay juga bisa digunakan untuk menyembuhkan asma. Caranya, selain direbus dan diminum airnya, anda juga bisa mengkonsumsi mentah. Asma juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi madu. Caranya, siapkan satu sendok teh madu dan tambahkan sedikit kayu manis bubuk dan larutkan. Selain dilarutkan dalam air panas, anda juga bisa mengkonsumsi madu secara langsung. Cara selanjutnya, yakni melakukan senam pernafasan. Selain itu, asma juga bisa disembuhkan dengan metode teknik akupuntur.

Pencegahan Asma
Agar asma anda tak sering kambuh, maka lakukanlah langkah pencegahan, diantaranya gunakanlah masker untuk menghindari debu. Selain itu, buatlah lingkungan rumah atau tempat kerja menjadi bersih.

Jika tinggal dalam lingkungan yang terlalu lembab, maka gunakan pendingin udara atau AC, sebab AC dapat membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari paparan debu, jamur dan  penyebab asma.

Langkah selanjutnya, hindari memelihara hewan - hewan seperti anjing dan kucing, jika memiliki alergi terhadap bulu binatang. Selain itu, berolahragalah secara teratur.

Agar hasilnya lebih maksimal, anda juga harus menjaga berat badan dan berhenti merokok serta minum minuman beralkohol, karena bisa menjadi pemicu asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar