- Bayi Sembelit, Ini Penyebab dan Solusinya

Rabu, 12 April 2017

Bayi Sembelit, Ini Penyebab dan Solusinya

Bayi Sembelit, Ini Penyebab dan Solusinya,- Ada banyak hal yang menyebabkan bayi sulit buang air besar (BAB). peralihan ASI ke susu formula hingga gangguan sistem pencernaan.

Spesialis anak rumah sakit hermina,dr Joic sp. A Mkes, memaparkan, bayi yang dulunya mengonsumsi ASI kemudian diberikan susu formula cenderung mengalami sulit BAB atau konstipasi. Selain itu, dehidrasi juga menjadi penyebab bayi konstipasi. Apalagi jika si bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau padat sehingga membutuhkan cairan lebih banyak.

Karena kandungan lemak, protein pada susu formula tidak seimbang. Selain itu kandungan kalsium dan fosfornya yang terlalu tinggi menyebabkan air pada tinja terserap ke dinding-dinding usus sehingga membuat feses bayi menjadi keras, tuturnya.

Konstipasi merupakan suatau kondisi di mana feses bayi menjadi lebih keras dari biasanya. Akibatnya bayi menjadi sulit mengeluarkan feses sehingga tidak bisa buang air besar sampai berhari-hari atau lebih.

Rekan sejawatnya di Rumah Sakit Hermina, dr Usman Darwis MKes Sp A, memaparkan, ada dua faktor yang menyebabkan bayi sulit BAB. Kelainan organik yaitu adanya masalah pada organ pencernaannya baik itu di usus atau lubang anusnya.

Serta fungsional atau kinerja fisiologis dari usus itu sendiri. Tetapi fungsional umumnya terjadi pada semua orang, pada bayi baru lahir kejadian ini jarang terjadi.

Kelainan organik seperti hirschsprung berupa masalah persyarafan usus besar paling bawah, mulai anus hingga usus di atasnya," paparnya.

Pada umumnya saluran pencernaan mampu melakukan gerakan usus (peristaltik). Pada hirschsprung di usus besar tidak terdapat persyararan yang dapat menggerakan usus di bagian bawah.

Hal ini menyebabkan tumpukan kotoran yang pada akhirnya menyumbat usus pada bagian bawah. Jika dibiarkan akan menjadi tempat berkembangnya kuman dan menyebabkan infeksi radang usus.

Gejalanya hampir sama seperti biasa, bayi menangis terus menerus, perut kembung, bahkan bayi muntah karena tidak merasa nyaman dengan keadaanya," ungkap dokter yang juga berpraktik di Apotik Lana farma ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar